Powered by Blogger.

Recent Posts

Recent Comments

Apa itu Penyakit Jantung Koroner?

Apa itu Penyakit Jantung Koroner? | Penyakit jantung koroner adalah penyakit pembuluh darah yang menyuplai jantung. Implikasinya meliputi infark miokard (serangan jantung), angina (nyeri dada), dan aritmia (irama jantung abnormal). Penyakit jantung koroner disebut juga dengan penyakit arteri koroner (Coronary artery disease) ditandai dengan adanya endapan lemak yang berkumpul di dalam sel yang melapisi dinding suatu arteri koroner dan menyumbat aliran darah. Endapan lemak (ateroma atau plak) terbentuk secara bertahap dan tersebar di percabangan besar dari kedua arteri koroner utama, yang mengelilingi jantung dan menyediakan darah bagi jantung. Proses pembentukan ateroma ini disebut aterosklerosis.

Penyakit Jantung Koroner
Ateroma pada penyakit jantung koroner bisa menonjol ke dalam arteri dan menyebabkan arteri menjadi sempit. Jika pada penyakit jantung koroner terjadi pembesaran ateroma, bagian dari ateroma bisa pecah dan masuk ke dalam aliran darah atau bisa terbentuk bekuan darah di permukaan ateroma tersebut. Supaya berkontrasi dan memompa secara normal, otot jantung (miorkardium) memerlukan pasokan darah yang kaya oksigen dari arteri koroner. Jika penyumbatan arteri koroner semakin memburuk, bisa terjadi iskemi (berkurangnya pasokan darah) pada otot jantung, menyebabkan kerusakan jantung.

Penyakit jantung koroner menjadi penyebab utama dari iskemi miokardial. Penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner) lama-kelamaan diikuti oleh berbagai proses, seperti penimbunan jaringan ikat, pengapuran, pembekuan darah, dan lain-lain, yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan komplikasi utama dari penyakit arteri koroner, yaitu angina pectoris (nyeri dada) dan serangan jantung (infark miokardia) yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Sekian uraian tentang Apa itu Penyakit Jantung Koroner? Tahukah Anda apa gejala penyakit jantung? Silahkan baca artikelnya Kenali Gejala Penyakit Jantung, semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Ditulis Oleh : bioeducation88 // 10:49 PM

0 comments:

Post a Comment