Powered by Blogger.

Recent Posts

Recent Comments

Diet untuk Penyakit Jantung Koroner

Diet untuk Penyakit Jantung Koroner | Bagaimana cara diet untuk penderita penyakit jantung koroner? Para penderita penyakit jantung, sangat penting untuk mengontrol asupan nutrisi yang cocok untuk menjaga dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah. Pola diet yang teratur dan benar akan sangat membantu untuk memperlambat terjadinya proses penyumbatan pada saluran pembuluh darah. Melalui terapi diet makanan yang tepat, tingkat kesehatan penderita penyakit jantung koroner dapat lebih optimal dan penderita penyakit jantung koroner dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa.
Diet Jantung Koroner
Diet jantung sehat pada penderita penyakit jantung koroner bertujuan untuk mengatur konsumsi makanan yang membantu atau mempertahankan kadar kolesterol dan lipid yang sehat. Menurunkan kadar LDL (Low density lipoprotein), serta untuk meningkatkan HDL (High density Lipoprotein). Selain itu, diet makan jantung sehat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, berat badan, dan memperkecil resiko penyakit jantung terutama jantung koroner. Berikut ini tujuan dilakukannya diet pada penderita penyakit jantung koroner:

  • Mencegah dan menghilangkan terjadinya penimbunan garam dan air.
  • Menurunkan berat badan jika penderita penyakit jantung terlalu gemuk
  • Memberikan makanan yang cukup tanpa memberatkan pekerjaan jantung.
Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam proses Diet untuk Penyakit Jantung Koroner:

  • Memperbanyak konsumsi makanan segar, sayuran, dan buah-buahan yang mengandung serat.
  • Membatasi atau lebih baik menghentikan konsumsi alkohol, kopi, rokok, makanan mengandung zat pengawet, dan zat adiktif lainnya.
  • Pengurangan. Energi yang berasal dari lemak tidak lebih dari 30 persen. Proporsi lemak jenuh dan lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggal adalah 1 : 1 : 1.
  • Keseimbangan, artinya masukan energi harus seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan.
Sekian informasi tentang Diet untuk Penyakit Jantung Koroner. Baca juga informasi tentang Jenis Makanan Sehat untuk Jantung, semoga bermanfaat. 

BACA JUGA

Ditulis Oleh : bioeducation88 // 2:13 AM

1 comment: