Powered by Blogger.

Recent Posts

Recent Comments

Bagian - bagian Jantung Manusia

Bagian - bagian Jantung Manusia | Jantung terbagi menjadi 4 ruangan. Dua ruangan di sebelah atas disebut serambi atau atrium dan 2 ruangan di bagian bawah disebut bilik atau ventrikel. Ruangan jantung terdiri dari serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan. Bagian-bagian jantung yang terpenting terdiri dari:
Bagian-bagian Jantung Manusia
Dinding dan Otot jantung

Bagian Dinding jantung terdiri dari sel-sel unik, yang disebut myocardium yang berarti otot jantung. Otot ini merupakan jenis satu-satunya yang terdapat di tubuh karena dia harus memiliki oksigen sepanjang waktu untuk tetap hidup. Hal ini kontras dengan otot lain, misalnya otot lengan atau kaki, yang meskipun tetap tergantung pada darah yang mengandung oksigen, tetapi dapat juga bekerja secara singkat tanpa oksigen, misalnya sewaktu sedang lari tiba-tiba. Sifat ini tidak dimiliki oleh jantung. Agar jantung tetap berdenyut, oksigen dan makanan ke otot jantung yang melewati pembuluh darah arteri koroner harus berlangsung secara kontinyu. Inilah sebabnya penyempitan pada arteri koroner, yang dikenal sebagai penyakit jantung koroner, amat berbahaya terhadap jantung. Bila pembuluh arteri menyempit, terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan mulai dari sakit dada dan serangan jantung yang berpotensi meninggal mendadak. Adapun rongga atau ruangan dalam jantung dibagi menjadi: dua ruang atas disebut serambi jantung atau atrium sebelah kanan dan kiri. Dua ruang bawah disebut bilik jantung atau ventrical sebelah kanan dan kiri. Ruangan-ruangan tersebut dipisahkan oleh dinding otot tebal yang disebut septum.

Klep Jantung

Bagian Jantung memiliki empat klep yang berfungsi menentukan ke arah mana darah mengalir, berapa besar alirannya, dan kapan menghentikan aliran tersebut. Klep-klep jantung membuka dan menutup aliran darah dalam rongga jantung, agar mengalir ke satu arah mencegah terjadi arus balik. Masing-masing klep tersebut, antara lain:
  • Klep Tricuspid, bila membuka membiarkan darah mengalir dari bilik kanan pada waktu jantung relaksasi dan menutup untuk mencegah darah mengalir kembali ke tubuh bila jantung kontraksi.
  • Klep Mitral, yang mengontrol darah mengalir antara serambi kiri dan bilik kiri.
  • Klep Pulmonic, mengontrol aliran darah dari bilik kanan ke arteri yang menyuplai darah ke paru-paru.
  • Klep Aorta, yang memisahkan bilik kiri dengan aorta. Bilamana terbuka membiarkan darah mengalir ke tubuh yaitu sewaktu jantung berkontraksi, dan tertutup bila jantung relaksasi.
Sistem Listrik

Bagi orang awam, mengherankan bahwa ada sistem listrik di dalam bagian jantung. Itulah kenyataannya, sistem listrik tersebut terdiri dari dua node elektris yang terletak di dalam jantung. Yang pertama, disebut sinoatrial node (SA), yang terdapat di bagian atas serambi kanan. Yang kedua, disebut atrioventrical node (AV). Node-node ini memancarkan aliran listrik sepanjang jaringan yang bekerja di otot jantung. Node ini menembakkan listrik pada waktu yang tepat, sehingga denyut jantung (irama ekspansi dan kontraksi) terkoordinasi.

Sekian informasi tentang Bagian - bagian Jantung Manusia. Baca juga artikel tentang Cara Kerja Jantung Manusia, semoga bermanfaat. 

BACA JUGA

Ditulis Oleh : bioeducation88 // 12:03 AM

0 comments:

Post a Comment